Soulful April

Soulful pada dasarnya suatu hal yang bersifat menyentuh jiwa. Maka pada bulan ini aku ajak kalian untuk menjadi lebih peka dan merasakan apa yang dibutuhkan oleh jiwamu sebenarnya.

Cek kembali beberapa hal yang sudah dilakukan, apa saja hasilnya? bisakah diteruskan atau ada yang harus direvisi?

Merasa depresi merupakan salah satu tanda bahwa jiwamu sedang tertekan. Coba perhatikan, kebutuhan apa yang belum terpenuhi. Kebebasan itu bukan berarti kamu harus berlaku semaunya sendiri. Namun kebebasan untuk memilih apa yang sesuai dengan panggilan jiwamu dan bertanggung jawab untuk memenuhinya tanpa mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Terus berlatih ya. Be passionate.

Blossoming March

Bulan Maret merupakan peralihan dari musim dingin ke musim semi. Bagi mereka yang tinggal di negera empat musim, tentu akan merasakan perubahannya. Namun bagi kita yang di Indonesia nih, kenalnya musim hujan dan kemarau saja. Bulan Maret sendiri curah hujan justru paa tinggi-tingginya. Ibarat mau meres cucian kuat-kuat.

 

Tak usah khawatir, walaupun cuaca sedang tak menentu, asal kita bisa jaga kesehatan dengan baik, maka penyakit pun akan jauh sendiri kok.

Blossoming sebagai anchor word ini dipilih dalam rangka memasuki musim semi. Pada bulan ini, segala hal yang dikerjakan, lakukan dengan sepenuh hati. Bayangkan saja keindahan bunga-bunga yang mekar dan membawa keharuman. Jika kita mampu menyetting pikiran seperti itu, maka diri kita dan sekitar kita pun akan nampak indah.

Yuk, buat pikiranmu indah. Gerakkan tubuhmu untuk mengubah perasaanmu juga.

 

My Watercolor Meditation Theraphy

Berawal dari tahun lalu aku suka men-zentangle. Coretan sana sini dengan motif berulang. Buat aku sendiri, zentangling itu meditasi.. Ah.. Salah.. Bentuk seni apapun buatku itu juga meditasi.
Akhir tahun kemarin sudah melakukan berbagai eksperimen seni. Mulai dari berlatih biola, gitar, menulis, menyanyi, zentangle, coloring, hand  lettering, hingga akhirnya merambah cat air alias watercolor.

Yap.. Awalnya memang untuk refreshing saja. Tapi saat menjalaninya, terbesit ide untuk menularkannya pada klien juga sebagai bagian dari terapi mereka.

Sebagai seorang tarot reader, media Tarot sudah jadi senjata untuk berperang, eh… –Media kerja dalam setiap sesi dengan klien. Terkadang para klien saya tersayang itu sebenarnya hanya bosan dan terjebak comfort zone namun memeng (malas) berubah. Akibatnya stress pun makin bertumpuk. Padahal masih buanyak hal yang bisa dilakukan yang arahnya positif. Salah satunya adalah melukis. Kali ini yang aku bahas medianya watercolor.

Watercolor ini merupakan salah satu media mudah didapat dan dipraktekkan untuk relaksasi pikiran. Media seni apapun bisa juga kok. Namun kali ini yang kita bahas watercolor dulu. Ada beberapa klien yang aku beri terapi buat doodling dan zentangle malah makin pusing (hahaha), disuruh meditasi hening pun kelupaan mulu (yaelah). Ya sudah, coba saja mewarnai ujarku. Sebagian mulai merasakan manfaatnya. Oke bagus lanjutkan. Bagi mereka yang mau lebih tertantang lagi, aku sarankan untuk menggunakan watercolor.

Esensinya adalah menyalurkan emosi yang sulit diungkapkan. Jadi bukan masalah kamu tidak pintar menggambar atau melukis. Lah.. Dikira aku maestro lukis?

Dengan melukis, kamu bebas berekspresi, bebas untuk mengeluarkan ide tanpa ada yang melarang. Jadi sumbatan emosional bisa kamu salurkan tanpa menyakiti siapapun. Syukur-syukur ada bakat terpendam yang bisa muncul.

Komentar mereka yang aku sarankan untuk mencoba watercolor. “ah.. Mbak.. Kok aku gak kepikiran ya?”.

Yah… Aku sih senyam senyum saja. Wajar jika pikiran kusut jadinya malah melupakan hal mudah dan menyenangkan. Tenang, akupun pernah mengalaminya kok. Jadi kamu tidak sendirian my dear ones.

Jika kebetulan kamu membaca artikel ini dan belum tau tentang watercolor, mulai saja caritau. Its fun and relaxing!

Di artikel berikutnya akan aku ceritakan persiapan yang dibutuhkan untuk memulai bertualang ke dalam dunia lapis warna ini. Silakan bertanya, aku akan berusaha menjawab sesuai kapasitasku sebagai praktisi dan sesuai pengalamanku.

Fabulous February

Sudah memasuki bulan Februari. Biasanya sih hawa-hawa Valentine sudah terasa dari awal bulan. Indikatornya adalah, mulai banyak coklat dengan kemasan imut dan cantik di toko kesayanganmu. 
Untuk bulan ini, meskipun penuh dengan aura cinta, namun janganlah membuat kecil hati bagi kalian yang tidak memiliki pasangan.. It is not the end of the world you know. Justru kalian bisa berbagi kasih dengan diri kalian sendiri. 
Fabulous itu bisa diartikan sebagai emejing alias luar biasa. Bagaimana  cara menjadikan hidupmu sendiri menjadi luar biasa? Hal apa sajakah yang dapat kau lakukan untuk membuat dirimu semakin berkembang dan menunjukkan manfaat? 
Yuk mengeksplor diri sendiri dengan lebih cermat. Fokuskan pada kelebihan dan terus maju. Hentikan membandingkan diri dengan orang lain. Namun sadari saja bahwa tiap orang itu berbeda dan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ga usah diambil pusing, lakukan saja yang kamu bisa sebaik-baiknya.

Fortuitous December

​Bulan terakhir di tahun ini.. 
Welcoming Desember. 

Sebelas bukan sudah kita lalui dengan banyak kisah setiap harinya. Ada yang terkesan biasa saja dan ada yang menjadi momen penting dalam kehidupan. Meski begitu, waktu tidak akan berhenti berjalan, bulan pun kini sudah berganti. 
Apa saja yang sudah kau capai? 

Sedalam apakah pengenalanmu terhadap dirimu sendiri? 

Hal apa sajakah yang membantumu bertumbuh? 

Apa lagi yang ingin kau raih? 

Kemanakah selanjutnya kau akan melangkah? 
Bulan Desember ini dapat menjadi waktu yang baik untuk berkontemplasi. Ada 31 hari yang dapat kau gunakan untuk berbenah ataupun menyelesaikan hal yang masih saja kau tunda selama sebelas bulan kemarin. Pun juga waktunya untuk bersyukur atas apapun yang sudah terjadi dengan segala usaha yang sudah kita lakukan.
Fortuitous adalah jangkar kata di bulan ini. Makna dari kata itu sendiri merupakan suatu kesempatan dan keberuntungan dalam setiap kesempatan.
Harapan agar tahun ini kita dapat  menyelesaikan siklus satu tahun dengan baik. Buah manfaat dari hasil kerja kita, doa maupun usaha yang sudah dilakukan dapat dievaluasi. Kemudian melanjutkan kisah kita di tahun depan dengan lebih baik lagi.
Semoga akhir tahun ini dipenuhi dengan kebahagiaan dan keberuntungan bagimu, serta orang-orang di sekitarmu.

Lovember

Lovember

Welcoming this November with joy and happiness, so here I present to you, my dear ones… 
LOVEMBER 
Bulan November dengan anchor word Love ini semoga akan memberikan kebaikan menyeluruh dalam kehidupan kita semua. 
Cinta merupakan hal yang mendasari hidup. Kita semua berasal dari cinta dan akan kembali juga karena cinta. 
Ketika Tuhan menciptakan manusia, landasannya adalah cinta, itulah mengapa kita pun memiliki sumber cinta yang tiada habisnya dalam diri kita. Tidak akan habis walaupun diberikan dan tak akan lekang oleh waktu. 
Janganlah mencampurkan cinta dengan ego Hal itu akan membuat cinta kehilangan bentuk dasarnya. Sehingga berujung pada berbagai penderitaan. Cinta itu mengenai ketulusan, tanpa syarat dan esensi hidup. Cukuplah dengan cinta tanpa memberikannya imbuhan atau akhiran. Ia berdiri sendiri dan tak perlu diartikan ataupun penjelasan tambahan. 

Cukuplah

Cinta. 
Bagaimanakah kamu mengartikan cinta? 

Lucky September

September….ceriaaa!

Memasuki bulan ke 9 di tahun 2016 ini, hawanya udah basah basah aja deh. Siang biasanya panas terik, tau-tau aja hujan mengguyur.

Trus dimana cerianya ?

Di hatimu duoong…hihihi.
Suasana hati boleh jadi seperti cuaca yang kadang tak menentu, tapi pengendalian pikiran itu ada di tanganmu. Oke.. bukan tangan secara harfiah sih… tapi yunow wat aymin lahh..
Sambutlah bulan ini dengan pikiran positif, karena netral saja tidak cukup apalagi negatif.

Lepaskan segala beban yang kamu tau sudah usang dan tidak lagi memberikan manfaat selain kenangan pahit. Waktunya berbenah, sediakan ruang baru bagi kebahagiaan dan keberuntungan yang mulai terbuka di bulan ini.
Okay my dear ones, may the luck be with you… 😉