Keblasuk

Spiritful October

Bulan Oktober telah tiba!

Wih makin dekat ke akhir tahun aja ya.. Apakabar resolusi?

Pada bulan kemarin yang cukup padat, diimbangi dengan Oktober ini yang lumayan agak santai. Seiring dengan tahun baru Hijriyah akhir September kemarin, di bulan ini, semangat tahun baru juga lumayan terasa.

Anchor Spiritful ini sudah dibuat sejak awal-awal tahun lalu. Dimulai sejak dua tahun lalu, aku berusaha menjadi lebih terstruktur dalam berbagai hal. Bahkan sampai membuat bullet jurnal agar semuanya tercatat lebih rapi. Maklum, makin kesini kok faktor U menjadi sedikit menganggu… Hahhaa.

Back to anchor.

Bukan kebetulan juga jika temanya spiritful. Bicara tentang spiritual diri yang cocok dibahas di bulan ini. Untuk orang jawa, bulan Suro atau Muharam dalam Islam juga cukup identik dengan kesakralannya, yang kadang malah dislewengkan jadi bulan musibah.

Duh… Ya gak gitu juga dunks. Itu mitos, namun kok banyak benernya?

Pengkajian mendalam tentang ini belum dibuat sih, apalah kapasitasku sebagai anak bawang dalam bidang kejawen 😅

Namun yang aku yakini sendiri, dal bulan ini, justru sebagai pengingat diri, waktunya untuk memahami seluk beluk diri kita, asal usul dan kebudayaan yang membentuk kita sebagai manusia seperti ini. Makanya banyak ritual, banyak meditasi dan ziarah seringkali dilakukan pada bulan ini.

Keseimbangan alam semesta harus dijaga. Kita pun harus ingat darimana kita berasal dan kemana akan kembali.

Dunia spiritual tidak hanya mengenai supranatural, namun lebih pada pemahaman jatidiri manusia. Sangkan paraning dumadi. Bagaimana menjadi manusia yang sejati dan bermanfaat bagi alam semesta ini.

Kesimpulan anchor bulan ini adalah kembangkan pembelajaran mengenai sisi spiritual kita, intisari kita sebagai manusia ciptaan Yang Maha Kuasa. Selalu mencari jalan kembali pada Sang Pencipta dengan berbagai cara. Temukan tempatmu pulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s