Watercolor

Review Prima Marketing Watercolor Confections : Pastel Dream

Oke Judulnya mayan panjang. Tapi kali ini pengen sedikit bercerita tentang watercolor alias cat air kesayangan. Nama lengkapnya Prima Marketing Inc. Watercolor Confections – Artist Quality Watercolor Pan Sets. Sub judul, Pastel Dream. Ada beberapa jenis confections selain yang pastel color. Ada Tropical, Decadent Pies, dan Classic. Bingung tadinya mau pilih ini atau Tropical. tapi warnanya terlalu unyu untuk dilewatkan 😀

Diawali setelah memakai Giotto aquarelle terus buat akun instagram buat majang hasil karya. Kemudian lirik sana sini akun orang luar yang getol banget promoin cat air ini. Ah memang instagram itu bikin lapar mata deh. Akhirnya kepincut dong sama warna pastelnya. Pakai Giotto itu warnanya memang cerah, tapi kalau mau buat warna pastel, nyampurnya rada lama (maklum masih belajar). Tujuan awal adalah dengan warna yang sudah jadi, tidak akan repot-repot nyampur lagi. Sementara tujuan kedua, aku pengen kemasan kalengnya. Biasanya kemasan cat air itu plastik, maka ketika muncul kemasan dalam kaleng, menjadi point penting juga untuk menjadi pilihan.

Singkat cerita, setelah ngubek-ngubek instagram, ketemulah seller yang jual produk ini. Dia masih PO dulu, jadi aku mesti nunggu sebulan hingga produk ini tiba di Indonesia. Kupikir tak apalah, toh bayarnya 50% dulu dari harga awal. Itung-itung nyicil kan yaa.

Oiya, online shopnya namanya Warau. Baru ngeh artinya setelah cat air ini sampai. Warau adalah bahasa Jepang, dan arti Indonesianya adalah ‘tertawa’. Hahahha, unik juga ya.

Watercolor Confections Pastel Dream
Isi kiriman dari Warau

Udah ngiler aja liat warnanya yang sangat lembut dan menawan hati. Ya, aku memang penggemar warna pastel. Kesannya lugu, imut gimanaa gitu.

 

Tidak sabar untuk membuka kotaknya, hampir saja lupa untuk dokumentasi.

 

Preview bareng box dan setelah dibuka

Jenis pan ini adalah half pan, maksudnya adalah ukurannya separuh dari pan normal. Ukuran kotaknya sekitar 1,5 x 1,8 cm. Mini banget ya, tapi membuat satu pan muat untuk 12 warna. Toh kalau jarang dipakai pastinya bakal awet. Sejak pertama datang di bulan April hingga sekarang, baru berkurang ujungnya aja. Selain disayang-sayang, juga sebenarnya karena ternyata untuk pemakaian normal, kurang begitu terpakai. Namun ini karena saya salah jurusan aja sih, maksudnya latihannya sketching, tapi beli cat airnya pastel. Buat sketching, mungkin lebih sesuai warna yang normal aja, jadi nge mix matchnya juga enak.

 

Yuk kita buka isinyaa…

Watercolor Confections Pastel Dream
Close up bagian dalam pan nya.
Watercolor Confections Pastel Dream inside pan
Setelah pembungkus kertasnya dibuka. Duh.. cantiknya warnanyaa…

 

Kertas pembungkusnya melapisi setiap half pan dengan warnanya masing-masing. Ada keterangan nama dan juga nomor warnanya. Penamaan cat air ini tidak seperti merk lainnya yang biasanya berupa nama warna atau pigmennya. Tidak ada keterangan pigmen di dus maupun pembungkus tadi.

 

Berikut list warnanya

37 brown

38 chocolate

39 crimson

40 rose

41 lemonade

42 citrus

43 bumblebee

44 sea dream

45 paradise

46 pool party

47 icy sky

48 lilac rain

 

Bisa dilihat di gambar berikut hasil sapuan di sketchbook kertas mix media warna putih. Aku pakai sketchbook dari Kertaskosong. Kertasnya bagus dan tahan diblobori pakai air (asal gak dicelupin aja), tidak tembus dan pastinya nyaman dibawa kemana saja.

Watercolor Confections Pastel Dreams Swatches
Hasil kuasan di kertas mix media warna putih.

 

Hasil sapuan ini dilakukan dengan membasahi kuas dan juga pan-nya. Beberapa warna perlu sangat dibasahi dulu agar warnanya bisa terlihat jelas, jika tidak akan sangat transparan. Bisa diakali dengan glazing.

Warna favorit di pan ini adalah rose, citrus, lemonade, brown dan pool party.  Warnanya mudah terlihat dan bisa di mix bareng.

Aku suka cat air ini karena lebih cepat kering dan tidak meninggalkan residu setelah kering. Pengalaman dengan Giotto, setelah kering ketika diusap, warnanya ada yang nempel di jari. Tapi si pastel dream ini tidak begitu. Selain itu, tempatnya yang dari kaleng, kesannya lebih kokoh, dan warna hitam, jadi tidak mudah terlihat kotor. Ukuran kalengnya ketika ditutup 11.5 x 7 cm, praktis buat dibawa kemana-mana. Kalau Giotto kan cukup panjang ya, jadi dia nangkring di mejaku aja.

Secara keseluruhan, aku cukup puas dengan cat air ini. Biasa kupakai untuk melukis bunga-bungaan atau hal berbau fantasy. Cocok banget soalnya. Tapi aku masih kesulitan untuk aplikasi saat sketching outdoor. Warnanya jadi ”kurang bisa dipakai” (sepertinya karena aku kurang pengalaman aja sih.. hahha). Untuk saat ini, aku selipkan dua half pan dari Van Gogh di pan set ini. Sisa ruang kosong di tengah pan nya bisa digunakan untuk kuas pendek, spons atau diisi dengan half pan lainnya. Bisa untuk 21 half pan totalnya. Lumayan kaaan…

 

Contoh lukisan yang aku buat dengan cat air ini.

Watercolor sketch with pastel dream
Hasil lukisan menggunakan Pastel Dream di kertas mix media warna putih.

 

Silakan tinggalkan komentar kamu di bawah ya. Mungkin ada yang suka pakai cat air juga, kita bisa nglukis atau ngobrol bareng. ^^/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s