Healing · Motivasi · Watercolor

My Watercolor Meditation Theraphy

Berawal dari tahun lalu aku suka men-zentangle. Coretan sana sini dengan motif berulang. Buat aku sendiri, zentangling itu meditasi.. Ah.. Salah.. Bentuk seni apapun buatku itu juga meditasi.
Akhir tahun kemarin sudah melakukan berbagai eksperimen seni. Mulai dari berlatih biola, gitar, menulis, menyanyi, zentangle, coloring, hand  lettering, hingga akhirnya merambah cat air alias watercolor.

Yap.. Awalnya memang untuk refreshing saja. Tapi saat menjalaninya, terbesit ide untuk menularkannya pada klien juga sebagai bagian dari terapi mereka.

Sebagai seorang tarot reader, media Tarot sudah jadi senjata untuk berperang, eh… –Media kerja dalam setiap sesi dengan klien. Terkadang para klien saya tersayang itu sebenarnya hanya bosan dan terjebak comfort zone namun memeng (malas) berubah. Akibatnya stress pun makin bertumpuk. Padahal masih buanyak hal yang bisa dilakukan yang arahnya positif. Salah satunya adalah melukis. Kali ini yang aku bahas medianya watercolor.

Watercolor ini merupakan salah satu media mudah didapat dan dipraktekkan untuk relaksasi pikiran. Media seni apapun bisa juga kok. Namun kali ini yang kita bahas watercolor dulu. Ada beberapa klien yang aku beri terapi buat doodling dan zentangle malah makin pusing (hahaha), disuruh meditasi hening pun kelupaan mulu (yaelah). Ya sudah, coba saja mewarnai ujarku. Sebagian mulai merasakan manfaatnya. Oke bagus lanjutkan. Bagi mereka yang mau lebih tertantang lagi, aku sarankan untuk menggunakan watercolor.

Esensinya adalah menyalurkan emosi yang sulit diungkapkan. Jadi bukan masalah kamu tidak pintar menggambar atau melukis. Lah.. Dikira aku maestro lukis?

Dengan melukis, kamu bebas berekspresi, bebas untuk mengeluarkan ide tanpa ada yang melarang. Jadi sumbatan emosional bisa kamu salurkan tanpa menyakiti siapapun. Syukur-syukur ada bakat terpendam yang bisa muncul.

Komentar mereka yang aku sarankan untuk mencoba watercolor. “ah.. Mbak.. Kok aku gak kepikiran ya?”.

Yah… Aku sih senyam senyum saja. Wajar jika pikiran kusut jadinya malah melupakan hal mudah dan menyenangkan. Tenang, akupun pernah mengalaminya kok. Jadi kamu tidak sendirian my dear ones.

Jika kebetulan kamu membaca artikel ini dan belum tau tentang watercolor, mulai saja caritau. Its fun and relaxing!

Di artikel berikutnya akan aku ceritakan persiapan yang dibutuhkan untuk memulai bertualang ke dalam dunia lapis warna ini. Silakan bertanya, aku akan berusaha menjawab sesuai kapasitasku sebagai praktisi dan sesuai pengalamanku.

Tinggalkan Balasan

