Me, Myself and Mine · Musik

Belajar Musik

Musik itu menyenangkan!

Dari dulu aku selalu berpikir seperti itu. Hanya saja tidak pernah tertarik untuk belajar secara serius, karena didasari pikiran bahwa musik itu hanya sekedar hobby yang akan dimainkan saat sedang ingin aja.

Tapi tentu saja pendapat itu setelah dipikirkan ulang ternyata SALAH. Kenapa salah? Karena yang namanya bermain musik itu perlu tekun dan perlu latihan terus menerus. Sekalipun itu hanya sekedar hobby.

Sedangkan yang namanya neeya ini hanya tertarik-tarik saja. Nyoba-nyoba tapi gak pernah serius. Belajar pun otodidak. Gak pernah les khusus.

Waktu SD sampai SMP tertarik piano, sementara fasilitas yang ada hanya keyboard. Dengan melihat Bapak yang terkadang main beberapa lagu aku jadi ikut nyoba. Dengan berbekal buku musik pop mulailah coba-coba itu. Lumayan bisa memainkan beberapa lagu. Tapi latihan hanya sesukanya. Hanya bertahan sampai SMU kelas 2. Karena sejak kelas 3 aku pindah ke Jogya, tinggal sendiri sementara ortu di lain kota. Keyboardnya gak dibawa hehehe

Saat itulah aku mulai tertarik gitar. Waktu dapat hadiah ultah gitar akustik dari Bapak, aku seneng banget. Sok-sok latihan tiap hari sampai lecet jarinya, tapi gak gitu berkembang begitu ketemu kunci yang susah. Jarinya gak sampai! Gitar pun akhirnya dimainkan saat pacar datang saja (baca: dia yang main).

Akhirnya gitar pun terbengkalai, saat kuliah dipake adekku latihan. Dan sekarang dia lebih jago dari aku…
Sang keyboard dibuat latihan adekku yang lain lagi. Dia sempet di les privat kan piano. Tapi baru beberapa bulan berhenti, karena mau ujian. Secara teknik dia lebih jago daripada aku. Huahh…

Sekarang ini, saat keluarga sudah pindah ke Jogja semua (bapak masih di jakarta seh), beberapa alat musik yang sudah lama tidak kutemui akhrinya kembali. Aku sempatkan melepas kangen dengan mereka itu. Dan hasilnya! Gara-gara gak pernah latihan lagi… jari kaku semua. Masih untung aku bisa ingat do-re-mi nya di posisi mana hahahaha.
Kunci-kunci nada, hanya ingat yang dasar-dasar aja. Soal not? jangan ditanya… dulu aja emang ga bisa baca kok… apalagi sekarang!

Dan saat melepas kangen itulah, mataku tertumbuk pada sebuah tas hitam yang ternyata berisi BIOLA. Aku jadi ingat, adekku yang lain lagi pernah pengen belajar biola, tapi gak diterusin. Saat kubuka kotaknya, biola itu terlihat berkilat dan tampak baru (karena emang gak pernah dipake). Senar nya ada yang putus, tapi disambung lagi pake selotip.

Aku coba menggeseknya, ternyata bunyinya masih terang (apa ya istilahnya?). Jadinya.. aku bersemangat lagi untuk mempelajari alat musik satu ini yang belum pernah kusentuh.

Berhubung orang satu rumah gak ada yang bisa, aku pun bertanya pada abang internet. Awalnya belajar dari sini pengetahuan dasar dari biola itu sendiri. Tapi masih bingung aja tentang cara mulai geseknya dan juga mana yang kudu ditekan. Barulah kemudian aku pikir, kenapa tidak dari video aja? Pastinya lebih mudah dilihat dan didengar sekaligus. Dan tentu saja yang namanya internet itu, apa aja ADA.

Yang paling membantu dari pelajaran dasar adalah orang amerika ini. Semuanya jelas diajarkan, mulai dari cara memegang Bow yang benar.

Jadi…. dimulailah petualangan neeya belajar biola dari sekarang….

7 thoughts on “Belajar Musik

  1. wah, seneng musik juga yah? kalo gitu kita sama. aku juga seneng bangt maen musik, terutama maen gitar n drum. pengen bnget sih belajar maen piano, tapi ga bakat. hiks….

    wah.. kalo emang pengen dicoba terus aja. Walau ga ada bakat, tapi kalo niat bener2 pasti bisa. Bakat itu cuma cara untuk memudahkan saja. Punya bakat tapi gak pernah latian juga percuma kok ^^

  2. hai freind Ku salah seorang pengemer musik.tapi yang saya kuasai bermain keyboard.kalau temen2 pngen kenal aku ne no hp ku 085260066078

  3. Hi, mbak! Saya Riva. Saya senang sekali main keyboard. Tapi yang saya bisa cuma sedikit, tapi saya ingn jago. Tolong di ajari dong, lewat artikel ini. Yang lengkap ya….

  4. haaalllo..halllooo..tees..tess..teess..satu.dua.tiga..tees.teess
    hee.lagi latihan vokal nih..
    salam kenal……??
    bagi yang mau belajar dasar2 bermain gitar,hubungi saya yah,,heehee
    di sasnas189ok@rocketmail.com
    tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini,,heeehee kalo kita mu berusaha dan berdoa
    (nah,,nah,nah,,itu,tu yang sulitnya,,heehee 23x),,,

Tinggalkan Balasan

