Me, Myself and Mine

Bulan ‘cegatan’

Untuk bulan ini, aku musti selalu siap siaga ketika sedang berada di jalan. Kenapa?

Karena para polisi itu sedang rajin-rajinnya mengadakan operasi a.k.a cegatan. Mulai dari operasi Zebra sampe ke Panda (hewan yang warnanya item putih doang). Spanduk-spanduk peringatan pun tampak di setiap perempatan. Mulai dengan bahasa formal yang mengatakan ‘Zaman boleh berubah, namun disiplin berlalu lintas tak pernah goyah” sampai yang bertuliskan “Mari kita kembali…… ke helm standar!!“. Di setiap perempatan di Jogya pasti ada spanduk-spanduk sejenis itu. Yang menjadi target sasaran itu tentu saja para pengendara kendaraan bermotor di jalan raya, terutama motor. Yang mengemudinya masih sembarangan dan juga blum pake helm standar, pasti pernah kena tegur ato tilang. Minggu lalu aja aku lihat pick up polisi di deket pabrik SGM penuh berisi helm ‘ciduk/batok’. Benar-benar menggunung! Jadi bertanya-tanya.. dikemanain itu helm ya?

Aku ini yang rada alergi sama yang namanya polisi, benar-benar sedang diuji ketahanan fisik dan mentalnya. Dalam sminggu ini, sepertinya operasi rutin diadakan 2 hari sekali. Memang sepertinya aku itu bermagnet untuk polisi (padahal alergi ya). Udah 4 kali cegatan kulalui. Dari 4 kali itu, sekali kena tilang karna gak bawa STNK, yang waktu itu ketinggalan di kantor. Kenanya di daerah Langensari yang sangat rawan cegatan. Terpaksa melayang deh 20 rebu ku… T__T

Minggu ini aja ada 2 kali cegatan kulewati. Persis di depan kantor polisi Depok Barat di Jl. Adisucipto itu. Berhubung tiap hari kalo mau ngantor aku lewat situ, ya mestinya kena cegat terus. Heran deh.. jamnya sama. Sekitar jam 9 – 10 pagi. Lebih heran lagi kok aku kena mulu ya??? Yah.. namanya lagi rajin.. jadi musti pagi gitu kali ya. Biasanya polisi suka nyegatin itu siang hari bolong jam 12-an.

Aku sih tetep aja mendukung operasi disiplin lalu lintas ini, meskipun alergi polisi belum bisa ilang. Soalnya kalo gak ditindak tegas para pengemudi kendaraan itu makin ugal-ugalan dan gak karuan. SIM nya pada nemu sih.. jadi pada gak tau peraturan lalu lintas. Udah jelas tulisan ‘ke kiri ikuti lampu’ kok ya masih aja dilanggar. Kota pelajar banget yaaa……

Oh iya.. ada sedikit tips untuk sekedar menghindari cegatan yang terkadang menyita waktu dan biar gak kena tilang (khusus motor seh..) [No 1- 3 berdasarkan pengalaman pribadi pak bos ku. Credit buat dia deh 😀]

1. Hindari jalan 1 arah (one way) yang pastinya memudahkan polisi untuk ‘menjaring’ motor-motor dan tidak ada jalan untuk memutar melarikan diri.
2. Kalo berhenti di lampu merah, usahakan berhenti agak jauh dari pos polisi, kita takkan tahu kapan polisi akan iseng untuk menhampiri kita dan tiba-tiba menilang karena sesuatu hal yang kadang gak masuk akal.
3. Pasang mata jauh ke depan, sehingga bisa melihat jikalau ada cegatan lebih awal, jadi ada kesempatan untuk berputar balik.
4. Berangkat pagi-pagi dan pulang sore, blum pernah sih jam 7 pagi ato jam 6 sore ada cegatan. Kecuali yg bawa mobil, kadang ada cegatan khusus narkoba malem-malem yang nggledah seisi mobil.
5. Pakai helm standar dan jangan lupa bawa SIM STNK, serta patuhi peraturan lalu lintas yang ada….. 😀 yukks!!

Iklan

13 thoughts on “Bulan ‘cegatan’

  1. Na gitu dong, ngepos lagi. Kacian kalo blognya kelamaan jablay 😛

    “Sekitar jam 9 – 10 pagi. Lebih heran lagi kok aku kena mulu ya??? Yah.. namanya lagi rajin.. jadi musti pagi gitu kali ya.”

    Weh, kalo rajin dan pagi berangkatnya sebelum jam 8 dunks 😀

  2. antobilang >> udah di praktekkan duonk brarti hihihi
    gita >> hee?? sapa? aku?? yaa.. gak juga seh. Paling 1:10 aja 😀
    joesatch >> oh jadi dah gak lirak lirik lagi ya kalo di motor? :p
    passya >> udah mikir lengkap, ee..ternyata dompet ketinggalan.. di dompet kan letak penyimpanan stnk ama sim nya
    deedhoet >> kantornya blum buka kalo jam 8 hihihihi
    pk >> iya iyaa… sebagian dari kamu tipsnya

  3. Jarang sih jumpa “cegatan”. Palagi dengan kapasitas aku pekerja yg rajin masuk pagi dan pulang petang. Duh, hampir tidak pernah nemu yg namanya razia itu 😉

  4. Jarang sih jumpa “cegatan”. Palagi dengan kapasitas aku pekerja yg rajin masuk pagi dan pulang petang. Duh, hampir tidak pernah nemu yg namanya razia itu 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s