Work

tentang magang

Apakah magang itu??? Belum nemu juga artinya dalam bahasa Indonesia yg baku. Tapi setau aku itu magang adalah melakukan kerja praktek pada suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan mencari pengalaman kerja, sekaligus menunaikan kewajiban dari kampus sebagai tugas akhir (iya gak sih?)

kalo bahasa bulenya sih Internship. Dari Pakdhe Wiki didapatlah:

a student or a recent graduate undergoing supervised practical training¨. The main goal for an internship period is for students to get to know about working within an organization. It also helps with the development of the social and communication capabilities of students. Another important learning point for interns is to see the real life working situation. The internship period will be the time for students to put theory into practice.

monggo diartikan sendiri hehehe

Nah, kenapa dengan magang??

Hari ini, kantorku kedatangan seseorang yang menanyakan apakah kantor ini bisa menerima mahasiswa untuk magang. Pak bos langsung aja bilang kalo di kantor ini bisa saja menerima mahasiswa magang, tetapi dengan catatan perusahaan tidak mengeluarkan apapun selain ilmu (baca:gak dibayar). Dan ternyata si mahasiswi ini setuju. Dia sudah bisa mulai kerja hari Senin. Spesialisasinya desain grafis. Jadi diharapkan dia membantu dalam hal mendesain. Syukur2 lebih jago dari aku, jadi besok bisa ditarik kerja hehehe.

Aku seumur2 ini belum pernah nyoba yg namanya magang. Dan lagi, aku baru tau kalo magang itu gak dibayar ya? Padahal dulu kupikir (denger2 dari temen2ku juga seh) kalo magang itu juga dapet bayaran, paling nggak sekedarnya. Malah ada yg dapet setengah dari gaji karyawan asli. Denger cerita cerita seperti itu, kelihatannya magang itu enak juga.

Yang pasti aku dapet “adek” neh.. seneng deh ada temennya lagi. Jadi gak cowok mulu pemandangan di kantor. 😀

Iklan

15 thoughts on “tentang magang

  1. Maksudnya magang PKL gitu ya ?
    Ada juga magang sebagai tenaga yang rela tidak dibayar untuk batu loncatan agar diterima sebagai karyawan di kemudian hari. Ini kantor opo tho mbak? 🙂

  2. sebenernya bole gak si Magang untuk yg udah Lulus (maksute lg “pengangguran”) n blom dapet2 kerja ngelamar??? Bwt ngisi waktu n nambah pengalaman kerja (secara ya.. skg lowker byk mnta lulusan yg ud pny pglmn krj 2-5 tahun!!??) lah wong gw blm2 ditrima krj gmn bs dpt pglmn??…… Help find solution…ThanX

  3. cakmoki >> kantor percetakan gitu pak

    antobilang >> wehehhe.. masih cupu banget kok malah masih perlu blajar lebih byk lage neh

    dedex >> kalo buat di kantor bukan aku yg desain kok.. diriku ini operasional aja hahaha

    riyogarta >> nah ituu!! aku kepikiran pas udah di tengah jalah magangnya. Alhasil dari sebulan, dia cuman masuk 18 hari. Cape kali ya…

    poet >> bisa aja kok, kan tergantung dari perusahaannya juga. Yang penting nyoba aja dulu kamu ngelamar dengan maksut untuk magang. Mestinya sih perusahaan asik2 aja asal gak keluar duit ehhehe

  4. wah blognya bagus nih. ijinkan saya untuk menempel pada blogroll saya yah ^^

    oke komennya: saya juga pernah merasakan magang. yah, gitu deh. tetapi lebih parah dari yang sdr bayangkan. benar loh, bukan dapat adek atau apalah, namun tau saja karena kebetulan saya berprofesi di bidang peternakan, kerja lembur dan capeknya minta ampun. manajemen ternak ayam. yah bagaimana lagi, capeknya menunggu ayam diberi makan memang paling menjemukan. apalagi mengatur kondisi kandang biar sesuai (kebetulan ayamnya ayam pedaging). waktu vaksin juga, 3x selama panen. ambil spuit, injeksi ke ayam satu persatu (satu kandang bisa >1000 ekor sih gimana lagi, kebayang capenya???). ada sekitar 6 kandang lagi. ngangkat pakan dsb berkilo-kilo beratnya. he3. tapi ujungnya senang (beberapa hasil panen bisa diambil loh, asyik ngga? ujung2nya bakar2x ayam dech soalnya tingkat kematiannya

  5. huaaaaa… T_T

    aku lagi stress nyari magang…
    udah ke 4 perusahaan tp lom ada jawaban…
    hiks…
    malah november kalau ga dapet magang, saia tak bisa skripsi..
    harus nunggu semester depan lagiiii… T_T

  6. magang bisa juga di artikan karyawan percobaan atau on job trainning. kalau kerjanya bagus bisa jadi karyawan. dan masalah gaji tergantung kebijakan dari perusahaan /kantor tempat magang tersebut, contoh magang di jepang selama 3 tahun, dapat tiket pulang, uang saku dll..

  7. ak setiap semester sx mndapat tugas dr kmpuz untk melakukan magang di Perusahaan..magang mberikan byk manfaat sx,krn qt bisa dpt ikut terjun kerja scr lgsg di perusahaan..jd sy byk memperoleh pglmn yg luar biasa sx..
    termasuk sekarang sy jg dlm rncn akn melaksanakan magang terakhir slama 3 bulan di slh stu perusahaan di Surabaya..

    mohon doanya moga lncar yah..
    amiiin…

  8. Wah, berarti magang itu sangat penting ya buat bekal kita kerja nanti….

    kalo magang di kantor2 pemerintahan bisa ga…? contohnya di kantor Kecamatan, Kabupaten ,atau kantor walikota dan sejenisnya..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s