Gadgets · Me, Myself and Mine

Komputerku malang

Nasib naas menimpa komputerku tercinta kemarin.

Ceritanya, aku mau mengambil ram yang ada di motherboard sekeping untuk kupasang di komputer kantor. Pagi-pagi aku buka tutup samping komputerku untuk menyomotnya. Karena aku ada 3 keping, jadi mau aku pinjamkan dulu sementara. Rencana awal, ram kapasitas 128 mau aku ambil, karena seingatku, masih ada sekeping ram sebesar itu. Tapi ternyata, aku mencabut yang 256. Aku nyabut satu lagi karena kupikir mungkin posisinya di sebelahnya. Setelah berulang sampai 3 kali, ternyata ketiganya itu 256 smua. Barulah aku inget kalo adekku pernah bilang mau nuker ramku yang 128 ke 256.

Akhirnya, karena terburu-buru, aku terbalik masang ram nya. Harusnya gak bisa masuk ke slot, tapi ini masuk. Jadi pas aku coba nyalain—-bluss. Tercium bau gosong dari arah komputer. Cepet-cepet aku matiin tu komputer. Dan aku udah khawatir banget terjadi sesuatu yang buruk padanya. Karena bau gosong dari benda elektronik biasanya indikator buruk.

Aku gak sempet nyoba-nyoba lagi. Aku tinggal ke kantor dan baru bisa nyoba lagi malem harinya.

Udah dicoba dibalik ramnya, tapi tetep gak bisa masuk ke windowsnya. Nggak kedengeran juga bunyi ‘Tiiit’ yang biasa terdengar sesaat setelah menekan tombol on.

Akhirnya minta balabantuan dari adekku untuk membetulkan apapun yg menjadi masalahnya. Sebagai anak TI, harusnya dia lebih berpengalaman dibandingkan diriku ini.

Tapi ternyata, di tangannya pun, si komputer tetep gak mau hidup.

Dan jadilah aku beberapa hari ini hidup tanpa nyala komputerku. Blum sempet juga masukin ke tukang service. Giliran sempet tempat service nya udah tutup. Beuh… sabar dah.. ngetiknya di kantor sambil curi2 waktu. Trus kalo lowong bisa upload ke blog (nasib kantor tanpa koneksi internet)

7 thoughts on “Komputerku malang

  1. Mosok gara2 ram? mungkin disebabkan kabel power, yang kadang konstruksinya terkesan asal, hingga nyentuh cassing secara gak disengaja ketika nglepas atau masang ram. Aku pernah seperti itu. Belum tentu MBoardnya juga.

  2. waaaa. kalo pasang ram dengan “kasar” ada kemungkinan terjadi goresan pada slotnya dan terjadi hubungan pada beberapa pin yang tidak seharusnya. bisa konslet. langsung aja masukin “bengkel”

  3. Biasanya kalau hanya salah masukin RAM nggak sampai seperti itu. Tapi ini kok bisa gitu ya….

    Coba di cek lagi…cabut dulu ram yang baru di pasang.
    Dan coba nyalain lagi…..

    Kalau sampai MB-nya kebakar, wah bahaya itu, harus ada uang ekstra untuk mengganti MB yang baru.

  4. helgeduelbek >> ya gara2 salah nyolokin itu tadi mungkin ada pergesekan gak jelas dan akhirnya tjd korslet.

    alle >> mungkin…. 😀

    ndarualqaz >> baru aja keluar bengkel neh. udah idup lagi skr, ganti slot ram nya neh

    prayogo >> memang sudah keluar uang ekstra neh pak. 65 ribu ganti slot Ram nya ehhehe

  5. iya beruntung cuma ganti slot ram-nya. Saya juga pernah lho….masang memori nya terbalik…tercium aroma plastik hangus…he..he.. Yg rusak motherboard, terpaksa harus ganti baru harga-nya sekitar 800 ribuan + harga ram-nya. emang gak rejeki kali ya…salam kenal yah

Tinggalkan Balasan

