Books · Me, Myself and Mine

Sekelebat dari pameran

Rencana untuk melihat pameran buku akhirnya kesampaian juga. Hari Minggu sore, aku dan 2 adekku ke pameran buku di dua tempat. Yang satu Jogja Islamic Book Fair (IBF) di Mandala Bakti Wanitatama dan Kompas-Gramedia BNI Tapenas Fair di JEC.

Pertama tama kita ke IBF dulu karena rada jauh dari rumah, maksudnya biar ntar pulangnya bisa deket dari JEC.

Nah begitu sampai di depan Mandala Bakti, kita masuk ke pelatarannya. Tampak ramai dengan orang2 muslim. Rata2 berkerudung semua pengunjungnya. Adek ku juga pake, jadi aku rada merasa aneh disitu. Saltumkah diriku? Tapi yang namanya neeya mah cuek aja. Meski pameran buku Islam, toh gak harus yg dateng kudu jilbaban kan?

Suasana di dalam ruang cukup ramai. Banyak pengunjung berkeluarga yang datang. Lihat sana lihat sini. Yang paling ramai ya tempat buku diskonan yang mematok harga serba 5 ribu atau 10 ribu. Karena terlalu ramai aku gak ikutan nimbrung. Gerah euy!.

Aku tidak menemukan buku yang menarik untuk dibeli jadi hanya putar2 antar penerbit aja. Adekku membeli beberapa buah buku yang menarik minatnya di ruang ini. Kemudian kita ke luar untuk melihat yang bukan jualan buku. Aku menangkap kesan penjual ini seperti saat ada pasar malam. Kantin, penjual makanan dan minuman, ditambah penjual vcd Islami serta penjual busana muslim dan perlengkapannya.

IMSO, kok pengunjung pameran buku ini lebih banyak yang berada di luar sini ya daripada yang di dalam? Lagipula mereka terlihat begitu antusias memilih segala macam kebutuhan muslim mereka, mulai dari kerudung, dekker, kaos kaki, pin, dll. Penjual pun tampak sibuk melayani pembelinya. Beda dengan keadaan di dalam, dimana penjual hanya duduk bengong (percaya banget kalo gak mungkin ada maling yang bakal nyolong buku di pameran buku Islam ini) dan tempat paling ramai hanya di bagian buku diskonan.

Setelah capek puter2, kita pun berangkat lagi menuju pameran buku selanjutnya. Dua adekku udah mau minta pulang karena udah capek muter di situ. Tapi berhubung aku yang pegang kunci mobil, mereka mau gak mau kudu ikut aku liat pameran yang di JEC.

Kalo mau dibandingkan ya.. pengunjung pameran buku yang di JEC ini lebih banyak daripada yang di Wanitatama. Salah satu alasannya tentu saja karena ini hari terakhir gitu loh! (Sedih deh baru dateng hari terakhir, padahal acaranya banyak banget dan sepertinya menarik)

Karena ini pameran grupnya Kompas-Gramedia, maka isinya pun gak jauh-jauh dari yang biasa diliat di Gramedia. Penerbitnya pun berkisar antara Elex Media Komputindo, Grasindo, M&C dsb. Kelompok penerbit buku yang berkualitas tapi harganya kadang kemahalan kalo dijual di Gramedianya.

Dengan lokasi separuh dari JEC (yg separuh lagi untuk pameran komputer), tetep aja luas. Tapi kesan dekorasinya kok seperti saat ada orang nikahan ya daripada untuk pameran buku? Red Carpet dan bunga bertaburan. Ada taman kecil di kanan kiri. Trus di tengahnya ada panggung untuk acara khusus.

Harga buku diskonannya kalo mau jujur sih sbenernya ga jauh beda sama kalo aku beli di toko buku diskonan. Jadi diskonannya pameran ini sama dengan harga buku di toko diskonan luar, seperti Toga Mas atau Social Agency. Jadi aku nggak terus menggila untuk beli buku, karena duit terbatas (yg serba 5 ribu ato 10 ribu juga gak gitu menarik deh).

Yang aku beli cuma 2 buku. Satu novel (Perfume) dan satu buku humor(?) (The Mang Ucup Code). Soalnya kalo nyari ke Social Agency ato Toga Mas kudu hapal judul dan nama penulis, bagus lagi kalo penerbitnya sekalian. Jadi kalo nanya minta cariin enak, tinggal sodorin kertas. Soalnya kalo nyari sendiri pusing banget. Kan gak semua buku di display dengan manis seperti di Gramedia. Jadi harus rela menyelam di antara rak2 dan memiringkan kepala demi mencari suatu judul buku.

Maksud hati masih ingin muter-muter lagi dan baca-baca, tapi apadaya adek-adek udah menyeretku untuk pulang. Mereka tau, kalo aku gak diseret sekarang juga, aku bakal pulang setelah pameran tutup.

Memang kalo sudah berada di antara buku suka lupa waktu….

Iklan

10 thoughts on “Sekelebat dari pameran

  1. Waktu hidup di Sleman tahun 2002 – 2003 yang lalu nggak sempet lihat pameran buku. Ada nggak sih waktu itu? Bukan apa-apa, waktu itu buat beli makanan ibunya bayi saja kurang. Kalau nuruti wudel untuk beli buku, anak saya bakalan nggak kebagian ASI.

    BTW, deket kantor saya di Cipete Selatan lagi ada bazaar buku di MP Book Point tapi saya juga belum nyambangi. Akhir-akhir ini blogwalking sudah serasa bookreading.

  2. duh wis lama gak pernah ngliat yg namanya pareman buku, di pinggir hutan kota tempat tinggalku gak bakal pernah ada pameran buku. nunggu 25 tahun kedepan kali yah. Aku dulu kalo ada pameran di kompas gramedia paling asyik jalan kaki dari rumah.

  3. joesatch >> wah. boleh tuh. Aku kmaren yg messiah sempet kpengen, tapi gak cukup duitnya hehehehe 😀

    kang kombor >> kalo pameran buku aja, tiap tahun ada beberapa kali. Tapi kalo yg Kompas ini, aku baru 2 kali ini selama tinggal di jogya. Tapi lupa yg dulu tahun berapa.
    Yah.. memang blogwalking kan baca juga. Topiknya juga lebih beragam pak. Tapi kalo buku, buat aku ada sense yg berbeda dari baca di layar monitor ^^

    helgeduelbek >> lha ntar kalo hutannya jadi buku smua kan juga repot pak. Moga2 kurang dari 25 thn udah ada pameran buku deh disitu (Skalian bukunya pak urip dijual disitu 🙂 )

  4. Oya..ntar pak guru bikin sendiri donk. Ilmunya khan udah banyak tu dari internet. Baru ntar bukunya pak guru dijual di JEC. Hayo…gimana pak guru??? Ntar saya duluan deh…beli bukunya duluan> Hehehe

  5. cakmoki >> semoga bisa sampai sana pamerannya pak. Salam kenal juga 🙂

    joesatch >> aku mbaca marketing genius ra rampung2, blum lagi orang indonesia orang perancis (ntah knpa aku tertarik membelinya)

    jhon >> aku dukung! tapi aku mau dikirim gratisannya duluan :p

    fany >> kata adekku emang di smg itu jarang pameran buku, lebih ke pameran industrial kali ya?

  6. wah..kalo aku sih sering belanja online…misal kalo beli buku yah…cari toko buku online gitu. em…biz malesh mo belanja sendiri…aku kmrn dapet link toko online dari beberapa blog. diantaranya yang aku inget kalo toko buku agama em…al-ilmu.com ada yang aku incer pengen beli tuh…hi…nunggu gajian?! ada yang tau toko online buku kompi?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s