Me, Myself and Mine

Sudah Lahir!

Postingan ini sudah diganti menjadi ini. Sempat mau di delete tapi nggak jadi. Memory anak Cutie yang hanya 3 hari biarlah tersimpan di sini. Kalau masih mau baca ya klik aja.

Kemarin aku dapet kerjaan tambahan, yaitu ‘Ngurus anak’ yang baru aja lahir. Wey.. bukan anak ku beneran seh.. tapi anak dari kucingku (mungkin harusnya cucu ya?).

Si kucingku yang bernama Cutie itu, hari Jumat tanggal 29 Desember jam 6.15 pagi dengan selamat dan sukses telah melahirkan seekor anak (sayang cuma satu) yang berkelamin xxx (maap blum ktauan soalnya). Warnanya hitam dengan perpaduan krem di kaki dan tangannya. Bagi Cutie, ini merupakan kelahiran pertama. Jadinya dia bener-bener kliatan bego gitu deh. Anaknya dicuekin aja gak dibersihin. Plasentanya aja masih nempel ama tu anak.

Buat aku, ini juga persalinan kucing pertama yang aku hadapi. Udah 2 tahun melihara Cutie, tapi baru punya anak sekarang. Sempet bingung sih mau diapain duluan. Tahapan-tahapan yang dulu pernah baca di buku jadi menguap. Parah bener nie otak ya.

Aniwei.. akhirnya aku telp ke Miooooong The Cat Empire cabang Jogya, tempat aku biasa mandiin cutie dkk. Kata si mbak, yang pertama dilakuin itu buat si bayi bernafas. Badannya dibersihkan, plasentanya dipotong kurang lebih 2 cm dari perutnya trus di deketin ke induknya. Plasentanya disuruh kasih ke induknya, kalau dia mau makan. (Hah? Aku baru tau deh kalo plasenta kucing dimakan sama induknya). Sempet cari-cari seputar kelahiran kucing di net. Tapi sepertinya keywordku kurang pas, jadi yang ktemu malah banyak gak nyambungnya. Eh.. ada satu di forum dunia satwa, mayan mbantu deh ( baru nyadar kalau habis motong plasenta kudu dikasih obat semacem betadine gitu). Udah kebat kebit aja, takut kalo terjadi infeksi.

Sbenernya dari pagi itu udah mau dibawa ke dokter hewan buat di cek. Tapi penyakit bulanan ku kambuh setelah membersihkan dan menempatkan Cutie dan anaknya di kandang. Jadi hari itu aku tepar (untung kantor libur ehhehe). Adek ku gak bisa nyetir, jadinya gak bisa nganter tu kucing ke klinik (selain karena mobilnya dipake juga ama mama sih). Baru malemnya, setelah jemput papa di bandara, dan aku udah bisa bangun dari kasur, Cutie dan anaknya dibawa ke klinik hewan. Tambahan lagi, itu karena Cutie blum tau caranya nyusui anaknya. Jadi sekitar jam 1/2 11 malem kita pergi ke klinik hewan 24 jam itu yang terletak di daerah Gambiran. Berangkatlah kita serombongan. Ada papa, aku. adekku 3 orang plus Cutie dan anaknya.

Sampai di klinik, disambut oleh juru rawat cowok yang nyariin kartu pasien dulu. Setelah beberapa saat, barulah sang dokter keluar dan memeriksa. Nama dokternya Drh. Andreas ( cuma baca di jas putihnya seh 😀 ). Dibantu sang juru rawat tadi, dia meriksa suhu badan, kondisi perut dan akhrinya anak Cutie diperiksa. Dan ternyata, puting susu Cutie tidak semuanya mengeluarkan air susu, cuma yang bagian bawah saja. Itupun harus dibantu pijitan dan si anak dipegangin untuk minum.Sang dokter pun kemudian memberikan ‘wejangan’ nya tentang cara memberi susu nantinya. Setiap 3 jam sekali dan ditambah susu bayi biar asupan gizi nya terpenuhi. Dikasih seplastik kecil susu bubuknya ditambah pipet untuk bantuan meminumkannya. Lalu rombongan kami pun pulang dengan lega.

Kita pun akhrinya bagi-bagi tugas untuk nyusui anak Cutie. Aku kebagian shift malam jam 10 dan jam 2. Ketiga adek ku sisanya. Dan ngurus ‘anak’ ini bener-bener pake sabar juga. Setiap mau diminumin susu, dia malah tengak tengok dan ngeang ngeong terus. Cutie juga masih cuek sama anaknya. Tapi saat postingan ini diketik, Cutie udah mulai jilatin anaknya. Tadinya cuman di endus2, trus dicuekin lagi. Yah.. lumayan lah. Semoga anak Cutie bisa tetep sehat dan bisa tumbuh besar. Jadi nanti kluarga kucing bisa tambah ramai 🙂

Oh iya.. ada yang mau bantu sumbang nama? Nama bapaknya Napoleon, ibunya Cutie. Anaknya apa enaknya? 😀

Iklan

6 thoughts on “Sudah Lahir!

  1. wah, jadi teringat kucingku di rumah. Di rumahku ada keluarga kucing 6 generasi, tiap satu semester sekali pasti ada anggota baru.
    warnanya hitam campur krem ya? kayaknya kalo sudah besar nanti jadi hitam campur putih. namanya? bagaimana kalau kitty *haiyyah, nama pasaran*. tapi lucu tuh, kitty binti cutie 😀

  2. kucingku dirumah (dulu) kalo melahirkan aku cuma ngasih tempat yang nyaman, yang terlindung dari tangan-tangan jahil(bapaknya kucing maksudnya, biasanya suka nyulik anaknya entah di bawa kemana) trus udah, ga aku apa-apain paling cuma aku kasih makan Induknya aja. Alhamdulillah semua pada sehat. mungkin sekarang udah pada gede-gede dan udah menikah. menikah atau kawin ya :-).
    tadinya mau usul nama buat si little one… tapi… udah telat… 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s